Padi Varietas Baru di Wuluhan Panen 10 Ton Per Hektar

Panen perdana yang dilakukan Kelompok Tani Makmur

Jember Hari Ini – Padi varietas baru yang ditanam petani di Desa Dukuh Dempok Wuluhan menghasilkan hampir 10 ton gabah per hektar. Hal itu terbukti saat panen perdana yang dilakukan Kelompok Tani Makmur yang dihadiri Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Sumarjo Gatot Irianto, Rabu pagi. Selain Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, penemu bibit padi varietas baru yang juga mantan panglima TNI, Moeldoko, juga hadir dalam kegiatan panen raya padi tersebut.

Moeldoko menyebutkan, padi yang ditanam petani kali ini menggunakan sistem menuju organic yang diharapkan pada musim tanam selanjutnya bisa menghasilkan lebih banyak.

Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Jember yang juga Ketua Kelompok Tani Makmur Desa Dukuh Dempok Wuluhan, Sucipto, menyebutkan ada dua jenis varietas padi yang ditanam, yakni padi dengan usia tanam 70 hari dan usia tanam 3 bulan atau 90 hari. Untuk padi yang usia tanam 70 hari mampu menghasilkan 6,5 ton gabah, sedang padi usia tanam 90 hari mampu menghasilkan 9,6 ton per hektar. Padi varietas baru itu baru ditanam petani di 4 kecamatan, yakni Wuluhan, Silo, Sukowono, dan Sumberjambe. (Fath)

Comments are closed.