Sejumlah Guru dan Kepala SDN di Silo Keluhkan Keterlambatan Pencairan Dana BOS

Sutikno (kanan) bersama siswa SDN Sidomulyo 5.

Jember Hari Ini – Sejumlah guru dan Kepala SDN di Kecamatan Silo mengeluhkan keterlambatan pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Bahkan, beberapa kepala sekolah terpaksa berhutang untuk menutup kebutuhan biaya operasional sekolah,,

Menurut Kepala SD Negeri Sidomulyo 5 Silo, Sutikno, hingga bulan ini belum ada kejelasan kapan pemerintah mencairkan dana BOS. Padahal, tahun 2016 lalu pencairan dana BOS paling lambat bulan kedua triwulan pertama atau bulan Februari. Sutikno menjelaskan, jika dana bantuan operasional sekolah triwulan pertama tidak kunjung dicairkan, sekolah tidak bisa membayar honor Guru Tidak Tetap, pelaksanaan ujian tengah semester, dan ujian sekolah. Sutikno meminta Dinas Pendidikan dan DPRD Jember segera mencari solusi sehingga dana tersebut bisa dicairkan. Sebab, sekolah tidak berani menarik biaya pendidikan dari wali murid karena takut terjerat masalah secara hukum.

Sekretaris Dinas Pendidikan Jember, Suko Winarno, menjelaskan, Dinas Pendidikan Jember masih akan mengikuti sosialisasi terkait pencairan dana BOS di Surabaya, Selasa 21 Maret mendatang. Selain itu, pencairan dana BOS juga terhambat karena LPJ dana BOS tahun 2016 ada yang belum diserahkan. Suko Winarno berjanji akan bekerja keras sehingga LPJ dana BOS tahun 2016 lalu bisa segera diselesaikan. (Fit)

Comments are closed.