Audiotorial “Pameran Ikm dan Isu yang Mengitarinya”

Dulu kabar yang beredar pameran IKM dibubarkan karena ada selentingan pelaksanaannya diwarnai pungli. Sekarang beda lagi. Menurut Ketua Komisi B DPRD Jember, pak Bukri, pameran itu dibubarkan karena SKPD penyelenggara pameran kurang siap.  karena itu, kata pak Bukri, Komisi B berencana mengundang SKPD penyelenggara, yakni Disperindag  dan Bagian Ekonomi. Tujuannya, untuk mengklarifikasi kebenaran informasi tentang ketidaksiapan SKPD tersebut, serta agar kejadian serupa tidak terulang.

Bisa jadi, isu ketidak siapan kedua SKPD tersebut juga tidak benar. Sebab, stand pameran sudah berdiri, peserta juga menghias dan mengisi stand mereka. Selain itu, panitia juga menyatakan tidak mengetahui penyebab pameran yang rencananya dibuka Menteri Perdagangan itu  tiba-tiba dibatalkan.

Klarifikasi itu penting untuk menggali kebenaran. Kalau kebenaran terungkap, maka tidak ada lagi kasak-kusuk, rumor, atau apapun namanya yang sejenis dengan itu. Klarifikasi juga panting karena keputusan yang tepat hanya bisa dibuat berdasarkan informasi yang akurat, informasi yang benar.

Keputusan yang dibuat berdasarkan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan akan dilihat sebagai keputusan dan kebijakan yang gegabah. Apalagi jika keputusan dan kebijakan itu menyangkut kepentingan orang banyak. Keputusan dan kebijakan yang didasari informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan juga berpotensi merugikan pihak-pihak tertentu, terutama yang menyangkut nama baik. Juga jangan lupa, keputusan yang dibuat dengan gegabah, berpotensi menimbulkan apa yang orang pintar menyebutnya distrust atau  ketidakpercayaan. (Aga)

Comments are closed.