Mutasi Pejabat Eselon III dan Eselon IV Berdampak pada Pelaksanaan Ujian Nasional

Jember Hari Ini – Mutasi pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Jember yang dilakukan Selasa (11/4/2017) kemarin, menyebabkan Dinas Pendidikan terpaksa meminta bantuan Dinas Pemuda dan Olahraga.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Suko Winarno, menjelaskan, pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga tersebut sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan, Tatang Prianggono. Pasca mutasi, Tatang Prianggono menduduki jabatan baru di Dinas Pemuda dan Olahraga. Di sisi lain, Dinas Pendidikan sangat membutuhkan bantuan Tatang untuk mengawal pelaksanaan Ujian Nasional. Dinas Pendidikan akan berkoordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga agar Tatang Prianggono diperbolehkan membantu Dinas Pendidikan hingga Ujian Nasional rampung.

Sementara Ketua Komisi D DPRD Jember, Mohammad Hafidi, justru menilai mutasi di lingkungan Dinas Pendidikan merupakan bentuk sabotase resmi. Hafidi mengaku kaget saat menerima informasi Kepala Bidang Pendidikan Menegah Dinas Pendidikan dimutasi tanpa ada pengganti. Padahal, saat ini Dinas Pendidikan tengah konsentrasi mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional. Meski mutasi pejabat di lingkungan Pemkab merupakan hak prerogatif bupati, seharusnya ada beberapa hal yang harus dicermati sebelum melakukan mutasi. Hafidi mengaku khawatir, mutasi Kepala Bidang Pendidikan Menengah akan berdampak pada pelaksanaan Ujian Nasional di Jember.

Hafidi mengaku tidak tahu pasti alasan bupati tergesa-gesa melakukan mutasi. Seharusnya bupati melakukan mutasi pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan setelah pelaksanaan Ujian Nasional. (Fian)

Comments are closed.