Status Berubah, Peminat Masuk IAIN Jember Meningkat Drastis

Babun Suharto

Jember Hari Ini – Jumlah peminat calon mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember tahun ini meningkat drastis dibanding 2 tahun sebelumnya. Perubahan status STAIN menjadi IAIN dinilai menjadi penyebab lonjakan peminat calon mahasiswa baru tersebut.

Rektor IAIN Jember, Babun Suharto, menegaskan, pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagaaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2017 sebanyak 8.072 orang. Padahal, 2 tahun sebelumnya melalui jalur yang sama, yakni tahun 2015 sebanyak 5.131 peminat, dan pada tahun 2016 sebanyak 6.640 peminat. Jumlah tersebut belum termasuk pendaftaran melalui jalur UM-PTKIN dan jalur mandiri. Lonjakan peminat masuk IAIN Jember tahun ini menurut Babun sangat luar biasa karena kuota yang tersedia pada jalur SPAN-PTKIN tahun ini hanya 1.250 mahasiswa. Meski demikian, yang tidak terjaring pada jalur SPAN-PTKIN masih berpeluang mengikuti seleksi pada jalur berikutnya, yakni UM-PTKIN maupun mandiri. Kuota total mahasiswa yang akan diterima IAIN Jember tahun ini sebanyak 2.500 mahasiswa.

Dalam penjelasan persnya Rabu siang, program studi yang paling banyak diminati calon mahasiswa, diantaranya adalah program pendidikan agama Islam, perbankan syariah, ekonomi syariah, dan akuntansi syariah. (Fath)

 

 

 

Comments are closed.