Animo Masyarakat Mendaftar Sebagai Anggota Polri Bertambah Sekitar 20 Persen

Jember Hari Ini РAnimo masyarakat menjadi anggota polri terus meningkat, dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan, ketertarikan  masyarakat bertambah sekitar 20 persen dibandingkan tahun 2016 lalu.

Menurut Kabag Sumber Daya Polres Jember, Kompol Nurmala Rambe, minat masyarakat menjadi polisi tahun ini sebanyak 455 orang. Sebanyak 55 orang mendaftar seleksi akpol, bintara pembantu, bintara bidang tehnologi informasi, dan 32 tamtama. Sementara pendaftar tahun 2016 sebanyak 365 yang terdiri 52 akpol, 275 bintara, 3 bintara khusus serta 32 tamtama. Meningkatnya jumlah pendaftar tak lepas dari sosialisasi kepada masyarakat melalui media massa dan media sosial.

Nurmala menjelaskan, semua berkas pendaftar sudah dikirim ke Polda Jawa Timur untuk menjalani seleksi lanjutan. Polres Jember hanya bertugas sebagai panitia pembantu, yakni membantu mengukur tinggi badan serta administrasi pendaftaran. Tugas tersebut sudah selesai dilaksanakan selanjutnya menjadi kewenangan Polda Jatim.

Sebelumnya, Kapolda Jawa Timur, Irjen Polisi Machfud Arifin, di berbagai kesempatan, termasuk saat kunjungan kerja ke Polres Jember menegaskan pendaftaran menjadi anggota polri gratis. Kapolda bahkan mengingatkan masyarakat supaya jangan mudah percaya terhadap pihak-pihak yang mengaku bisa membantu untuk lolos seleksi menjadi anggota polri dengan syarat menyediakan sejumlah uang. Kapolda memastikan rekrutmen anggota polri tanpa KKN karena polri membutuhkan calon anggota yang berkualitas. Anggota polri yang berkualitas, bahan dasarnya harus berkualitas untuk dicetak menjadi anggota polri yang mumpuni. (Fit)

Comments are closed.