Miftahul Ulum : Gubernur Jatim Wajib Tegur Bupati Terkait Keterbukaan Informasi Publik

Miftahul Ulum

Jember Hari Ini РWakil Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur, Miftahul Ulum, meminta kepala daerah bersikap tegas terhadap pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menghalangi publik untuk mengakses informasi. Bupati atau kepala daerah seharusnya cerdas  menangkap amanat Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik agar informasi terkait kepentingan masyarakat, utamanya tentang kebijakan anggaran dan regulasi betul-betul terbuka luas.

Menurut Ulum, sudah bukan saatnya lagi menutup informasi untuk publik agar tidak ada celah pejabat untuk main mata dengan siapapun yang akhirnya merugikan masyarakat. Ia berharap peristiwa  yang terjadi di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Jember beberapa waktu lalu terkait pengumumam sejumlah paket proyek Penunjukan Langsung tidak terulang kembali.

Ulum menambahkan, karena Pemerintah Provinsi Jawa Timur berwenang membina pemerintah daerah kabupaten dan kota, maka Komisi A DPRD Jawa Timur akan merekomendasikan kepada gubernur agar menegur kepala daerah atau bupati yang menghambat keterbukaan informasi publik. (Fath)

Comments are closed.