Bupati Kawal Langsung Pembahasan Seluruh Program Kegiatan Pemkab Sebelum Direalisasikan

Jember Hari Ini – Molornya pelaksanaan sejumlah kegiatan program Pemkab disebabkan seluruh pembahasan perencanaan kegiatan Pemkab dikawal langsung oleh bupati.

Kabag Pembangunan Pemkab Jember, Sugiarto, menuturkan, bupati ingin mengetahui langsung bagaimana setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) merencanakan hingga menghasilkan output yang jelas. Hal itu dilakukan lantaran ada aturan baru terkait tambahan honor berdasarkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah. Dengan cara itu, bupati bisa mengetahui langsung siapa saja Organisasi Perangkat Daerah yang benar-benar bekerja dan tidak bekerja dengan baik. Bupati juga mengintruksikan agar Organisasi Perangkat Daerah tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah yang lain, termasuk dengan lembaga seperti polres dan kodim. Karena itu, tambah sugiarto, menjadi wajar jika pembahasan seluruh kegiatan program pemkab menjadi agak lama. Sugiarto juga menjelaskan, pembahasan bersama bupati dilakukan hampir setiap hari hingga tengah malam bahkan di hari libur.

Di sisi lain, Ketua Komisi C DPRD Jember, Siswono, menyayangkan karena hingga saat ini masyarakat belum merasakan program Pemkab. Menurut Siswono, sejak dulu hingga saat ini Pemkab masih saja membahas persoalan sistem, namun belum ada output yang jelas dari sistem yang dibangun oleh Bupati Jember. (Fian)

Comments are closed.