Silpa APBD 2017 Diprediksi Bertambah

Thoif Zamroni

Jember Hari Ini – Sisa lebih penggunaan anggaran atau silpa APBD tahun ini diperkirakan bertambah. Silpa APBD tahun 2016 lalu sebesar Rp 680 miliar yang masuk dalam APBD 2017 diprediksi tidak bisa terserap karena serapan APBD tahun ini masih sangat rendah sekitar 20 persen saja.

Ketua DPRD Jember, Thoif Zamroni, mengungkapkan, rendahnya serapan anggaran hingga pertengahan tahun ini mengakibatkan jumlah anggaran dalam perubahan APBD 2017 bertambah dan silpa tahun lalu sebesar Rp 680 miliar susah terserap. Jika bulan Juli mendatang, Pemkab dan DPRD memulai pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) yang dilanjutkan pembahasan dan penetapan Perubahan APBD 2017 bulan Agustus, maka sisa waktu penyerapan anggaran sangat terbatas. Menurut Thoif, jika Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak bisa melakukan percepatan serapan APBD, maka silpa APBD 2017 semakin bertambah dan janji bupati mewujudkan pembangunan tidak bisa terealisasi.

Sebelumnya dalam rapat Badan Anggaran DPRD bersama tim anggaran Pemkab Jember, serapan APBD 2017 hingga baru sekitar 20 persen. Serapan anggaran untuk memenuhi kebutuhan belanja rutin kantor termasuk gaji pegawai. (Fath)

Comments are closed.