Audiotorial “Gejala”

Ada kabar seorang pejabat di Pemkab Jember siap alih profesi menjadi dosen. Malah katanya surat permohonan sudah dilayangkan ke Bupati. Sekarang pejabat itu tinggal menunggu jawaban Bupati. Juga ada kabar beberapa pejabat memilih pensiun dini. Ada yang bilang beberapa birokrat yang memutuskan pensiun dini itu bisa dibilang birokrat dengan kompetensi yang lumayan.

Dalam pendekatan sosiologis, peristiwa yang muncul dan terjadi secara ajeg disebut gejala. Orang pintar menyebutnya fenomena. Di dunia kedokteran gejala disebut symptomp. Secara sederhana gejala atau symptom bisa dijelaskan sebagai tanda-tanda atau ciri yang dirasakan seseorang di luar keadaan normal.  Karena itu, seorang dokter akan menanyakan kepada pasiennya tentang  tentang apa saja yang dirasakan pasien bersangkutan dalam beberapa hari terakhir. Kalau dokter belum yakin, dan ingin diagonasnya akurat, sang dokter biasanya mencari tahu lebih jauh dengan misalnya pemeriksaan laboatorium. Tetapi, sebagai langkah awal, dokter biasanya juga bisa setidaknya menduga lalu menentukan apa saja yang harus di cek di laboratorium medis.

Gejala atau symptom penting untuk mengetahui apakah di sana ada masalah. Gejala juga penting untuk memprediksi sebuah kecenderungan. Bahkan, bagi petani gejala sangat penting untuk menentukan hari ini harus menanam komoditi apa. Gejalanya bisa berupa peristiwa alam seperti cuaca, bisa juga berupa kenaikan harga. Semua menjadi informasi dan data yang berharga.

Jadi, kepekaan terhadap gejala, lalu mengindetifikasinya, sangat penting bahkan ketika di sana diyakini tidak ada masalah. Itu tadi, karena  mengetahui gejala dan mengidentifikasinya penting setidaknya untuk memprediksikan kecenderungan.

Begitulah, sekarang ada gejala birokrat pensiun dini; ada gejala birokrat ingin pindah tugas; ada gejala serapan anggaran rendah, ada gejala kekosongan pejabat definitif pada beberapa pos, termasuk pos jabatan penting dan strategis.

Maka sekarang bergantung pada  seberapa besar kepekaan terhadap gejala tersebut dana bagaimana pula mempersepsi gejala itu. Memang benar, gejala bukanlah masalah. Gejala adalah tanda atau ciri bagi sebuah kecederungan. Gejala bisa memberikan data dan informasi tentang apakah kecenderungan itu mengarah pada hal yang menggembirakan, atau sebaliknya mengarah pada masalah yang harus segera dicarikan jalan keluarnya. (Aga)

 

 

 

Comments are closed.