Komisi D DPRD Jember Minta Sekolah Jangan Lagi Tolak Siswa

Isa Mahdi

Jember Hari Ini – Anggota Komisi D DPRD Jember, Isa Mahdi, meminta mengedepankan kepentingan siswa. Jangan sampai ada sekolah menolak siswa dengan alasan apapun.

Sebelumnya Isa Mahdi mengaku menerima informasi di SDN Ajung 01  dan Tanggul Kulon 01, siswa sempat tidak boleh mengikuti kegiatan belajar mengajar karena pemerintah mengurangi pagu atau kuota siswa yang sebelumnya 32 per kelas menjadi 28 siswa. Setelah pemerintah menetapkan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 yang membatasi pagu siswa hanya 28 siswa, pemerintah juga mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2017 yang membolehkan sekolah mengikuti ketentuan lama dengan pagu 32 siswa. Isa mempertanyakan kenapa ada sekolah yang menggunakan pagu 28 siswa sehingga beebrapa siswa yang sebelumnya sudah diterima dan mengikuti kegiatan belajar-mengajar, akhirnya tiba-tiba harus pindah ke sekolah lain. Isa mengaku khawatir sosialisasi yang dilakukan Dinas Pendidikan Jember kurang maksimal sehingga berdampak pada siswa.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan, Suko Winarno, menjelaskan, terjadi miss komunikasi antara Dinas Pendidikan dengan SDN Ajung 01 dan SDN Tanggul Kulon 01. Menurut Suko Winarno, kasus yang terjadi di SDN Ajung 01 dan SDN Tanggul Kulon 01 sudah selesai. Dinas Pendidikan meminta sekolah memanggil wali murid dan siswa agar mereka bisa kembali ke sekolah. (Fian)

Comments are closed.