Jelang Idhul Adha, Pengiriman Ternak ke Luar Provinsi Meningkat

Cendy Herdiawan

Jember Hari Ini – Jelang idul adha, pengiriman ternak dari Kabupaten Bondowoso ke luar Provinsi Jawa Timur bertambah, terutama pengiriman sapi jantan jenis limosin dan simental. Permintaan terbanyak datang dari Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Pemasaran Hasil Ternak Dinas Pertanian Pemkab Bondowoso, Cendy Herdiawan, mengatakan,  setiap pengiriman ternak ke luar provinsi, pedagang wajib menyertakan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dengan biaya pengurusan sesuai SK Gubernur Jawa Timur, Rp 10 ribu per ekor. Pemkab Bondowoso hanya menerima pengurusan SKKH khusus sapi jantan. Sedangkan surat Keterangan Kesehatan Hewan untuk sapi betina harus mengurus ke laboratorium kesehatan hewan Provinsi Jawa Timur di Malang.

Pantauan di lapangan, harga daging sapi di Kabupaten Bondowoso relatif stabil di kisaran Rp 100 ribu per kilogram. Informasi yang dihimpun Prosalina, Kabupaten Bondowoso menduduki peringkat 6 lumbung ternak nasional khusus sapi. Selama tahun 2016, populasi ternak sapi di Bondowoso sebanyak 215 ribu ekor lebih. (Rahmat)

Comments are closed.