Masyarakat Dihimbau Selektif Memilih Hewan Qurban

Jember Hari Ini – Menjelang hari raya idul adha, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jember meminta masyarakat mewaspadai kondisi kesehatan hewan qurban. Jika diketahui terinfeksi penyakit, hendaknya segera mengisolasi ke tempat khusus dan diperiksakan ke klinik kesehatan hewan terdekat.

Kepala Seksi Pengolahan Pemasaran dan Investasi Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jember, Muhammad Khatib, mengakui saat ini mulai bermunculan bursa penjualan hewan qurban di beberapa tempat dengan harga murah. Khatib mengingatkan agar masyarakat tidak tergiur dengan harga murah karena hewan tersebut belum tentu memenuhi standar untuk dijadikan qurban. Karena itu, ia meminta  panitia penyembelihan hewan qurban selektif dalam memilih hewan qurban agar masyarakat yang mengkonsumsi tidak terpapar penyakit yang berasal dari hewan qurban. Seperti biasa, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jember juga akan melakukan pengecekan di beberapa tempat bursa hewan sebelum pelaksanaan hari raya qurban mendatang.

 Khotib menambahkan, jika pemeriksaan kesehatan hewan di klinik-klinik hewan saat ini gratis sehingga memudahkan masyarakat maupun panitia penyembelihan hewan qurban untuk pencegahan penyakit sejak dini. (Fathul)

Comments are closed.