Meski Angka Pemasungan di Jember Tertinggi se-Jatim, Jumlah Tenaga Pendamping Terbatas

Jember Hari Ini – Meski angka pemasungan di Kabupaten Jember menduduki peringkat tertinggi di Jawa Timur, ternyata tenaga pendamping khusus korban pemasungan sangat terbatas. Data Dinas Sosial tercatat 127 orang korban pemasungan di Jember, sementara tenaga pendamping hanya 7 orang.

Menurut Kepala Dinas Sosial Pemkab Jember, Isnaini Dwi Susanti, Dinas Sosial bersama Dinas Kesehatan telah menangani 127 kasus pemasungan. Semuanya dibawa ke Rumah Sakit Jiwa di Malang. Idealnya setiap kecamatan memiliki 1 orang tenaga pendamping korban pemasungan. Santi mengaku pernah mengajukan permintaan penambahan tenaga pendamping korban pemasungan ke Dinas Sosial  Jawa Timur. Namun karena keterbatasan anggaran, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur justru meminta Dinas Sosial Kabupaten Jember menggunakan anggaran daerah untuk menambah jumlah pendamping. Dalam waktu dekat, Dinas Sosial akan mencoba berkoordinasi dengan dengan bupati untuk penambahan pendamping.

Dari 127 orang korban pemasungan di Kabupaten Jember yang dibawa ke Rumah Sakit Jiwa-Malang, 10 orang dinyatakan sembuh. Dinas Sosial berencana memberikan bantuan berupa paket sembako kepada para korban pemasungan Rabu 27 September mendatang. (Fian)

Comments are closed.