BPBD Himbau Warga Jember Waspadai Dampak Erupsi Gunung Agung Bali

Widi Prasetyo

Jember Hari Ini – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember meminta warga Jember mewaspadai dampak erupsi Gunung Agung Bali. Sebab hasil pantauan BPBD Jember, dampak abu vulkanik Gunung Agung diperkirakan menjangkau Kabupaten Jember karena arah dan kecepatan angin. Hal ini ditegaskan Plt Kepala BPBD Jember, Widi Prasetyo, yang ditindaklanjuti dengan surat yang dilayangkan kepada seluruh muspika, lurah dan kepala desa di Jember.

Widi menegaskan, himbauan BPBD Jember tersebut berdasarkan informasi yang dirilis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terkait status Gunung Agung yang hingga saat berada di tingkat awas. Widi juga menghimbau warga Jember yang beraktivitas di luar rumah menggunakan masker. BPBD meminta lurah dan kepala desa mensosialisasikan himbauan BPBD hingga menjangkau Ketua RT dan Ketua RW. BPBD juga berharap masyarakat menutup sumur dan tempat penyimpanan air jika debu vulkanik menjangkau Jember.

Sebagai bentuk antisipasi, BPBD Jember menyediakan 20 ribu masker, yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat Jember secara gratis. Namun jika masker tersebut tidak mencukupi, masyarakat bisa menggunakan kaos sebagai masker. (Hafit)

Comments are closed.