IBW Desak DPRD Jember Bentuk Pansus Administrasi Kependudukan

LSM IBW saat menemui Komisi A DPRD Jember untuk mendesak pembentukan Pansus adminduk.

Jember Hari Ini – LSM Indonesia Birocration Watch (IBW) mendesak DPRD Jember agar membentuk panitia khusus (pansus) terkait persoalan administrasi kependudukan yang terjadi sejak bulan Agustus kemarin.

Sebelumnya, Ketua LSM IBW Jember, Sudarsono, melaporkan dugaan pelanggaran pidana pada adminduk Jember. Dia  mengaku sudah mengantongi surat dari Polres Jember tentang pemerikasaan terhadap  2 orang pejabat Pemkab, yakni mantan Kepala Dispendukcapil, Arief Tjahjono, dan Plt Kepala Dispendukcapil saat ini, Sri Wahyuniati. Karena itu, tandas Sudarsono, persoalan tersebut juga harus segera disikapi oleh DPRD dengan membentuk pansus. Apalagi hingga saat ini Pemkab belum bisa menunjukkan surat dari Mendagri terkait pengangkatan sementara Sri Wahyuniati sebagai Plt Kadispendukcapil.

Sementara Wakil Ketua Komisi A DPRD Jember, Agus Widiyanto, menegaskan hingga saat ini DPRD tidak mau membahas anggaran yang kepalanya dipimpin oleh Plt dan Plh. DPRD juga sudah menyampaikan catatan saat pembahasan KUPA-PPAS P-APBD 2017. Sedang soal pembentukan pansus, Agus menjelaskan hal tersebut menjadi wewenang pimpinan DPRD, Komisi A akan menyampaikan permintaan IBW. (Fian)

Comments are closed.