Wartawan dan Grup Medsos Jember Sepakat Melawan Berita Bohong

Rapat bersama untuk menekan berita bohong di Jember.

Jember Hari Ini – Wartawan Jember usulkan pembentukan satuan tugas anti berita bohong atau hoax untuk menekan maraknya berita tanpa data dan fakta yang sering meresahkan dan menyebabkan gangguan keamanan dan keteriban masyarakat. Dalam rapat bersama Komisi A DPRD Jember, Kamis pagi, bersama Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Jember, Oryza Ardiyansyah, pengurus Aliansi Jurnalis Independen Jember, Alifian Rizalul Ahmad, dan pengurus Aliansi Jurnalis Televisi Indonesia Jember, Rio Christiawan, serta admin salah satu grup media sosial.

Perwakilan pengurus PWI Jember, Oryza Ardiyansyah, berharap masyarakat khususnya admin grup media sosial yang notabene menerapkan pola jurnalisme warga hendaknya bisa menerapkan fungsi sebagai editor seperti yang ada dalam media mainstrem umumnya sehingga berita bohong atau hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, tidak lolos posting agar tidak meresahkan masyarakat.

Sementara perwakilan pengurus AJI Jember, Alifian Rizalul Ahmad, menilai selama ini media sosial sudah menjadi alat untuk meningkatkan popularitas orang atau kelompok tertentu. Salah satunya dengan cara menyebar berita bohong. Rapat bersama dengan Komisi A DPRD Jember akhirnya sepakat melawan segala bentuk berita bohong atau hoax di Jember. (Fathul)

Comments are closed.