Audiotorial “Wantannas”

Tim Kajian Dewan Ketahanan Nasional ( Wantannas) dikabarkan turun ke Jember. Dalam beberapa hari ke depan tim katanya bakal menggali informasi menyusul teguran Presiden terhadap rendahnya serapan anggaran Kabupaten Jember.

Kalau yang turun ke Jember Wantannas, setidaknya bisa diduga, persoalan yang hendak digali dan dikaji adalah persoalan yang lumayan serius. Timnya saja terdiri dari unsur Polri, TNI dan kementerian. Kira-kira bahan dan informasi yang hendak digali akan sangat komprehensif. Meliputi banyak aspek. Yang diajak bicara tentu juga akan terdiri dari banyak pihak. Tujuannya, selain agar komplit dan komprehensif, data dan informasinya berimbang. Wantannas pasti terdiri dari orang-orang yang kompetensi dan integritasnya tidak perlu diragukan. Yang oleh karena itu bisa membedakan mana data dan informasi pelintiran serta mana data dan informasi yang faktual. Karena itu, sepertinya akan percuma kalau ada pihak-pihak yang ingin memelintir atau memanipulasi data dan informasi.

Begitulah, kabarnya Wantannas akan membawa dan data, informasi dan hasil kajiannya ke Presiden untuk dicarikan solusinya. Karena itu, harapannya adalah: solusi segera bisa didapat dan dieksekusi. Lalu dengan solusi itu sebagian besar, kalau tidak semua persoalan di Jember, bisa terselesaikan. Tetapi harapan itu hanya akan terwujud kalau pihak-pihak yang berkepentingan menerima solusi yang ditawarkan Presiden lewat Wantannas.

Jadi, catatan pentingnya adalah bahwa Wantannas turun ke Jember karena atensi terhadap daerah ini datang langsung dari Presiden. Kalau Presiden sendiri yang memberikan atensi, maka persoalan bisa dipastikan serius. Persoalan Jember bukan lagi persoalan daerah, melainkan persoalan nasional. Sebab, rendahnya serapan anggaran, seperti yang berkali-kali diingatkan Presiden, adalah persoalan rakyat. (Aga)

Comments are closed.