Nurul Ghufron : DPRD Bisa Gugat Bupati ke PTUN Soal Hak Keuangan dan Administrasi Dewan

Nurul Ghufron

Jember Hari Ini – DPRD bisa melayangkan gugatan melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terkait belum dibuatnya Peraturan Kepala Daerah (Perkada) tentang hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota dewan.

Demikian pernyataan pakar hukum Universitas Jember, Nurul Ghufron, menanggapi pertanyaan sejumlah wartawan terkait molornya pencairan gaji dan tunjangan anggota DPRD Jember bulan Desember ini karena terganjal peraturan kepala daerah. Menurutnya, belum ditandatanganinya Perkada sebagai tindak lanjut perda sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017, dikhawatirkan akan memperuncing hubungan eksekutif dan legislatif. Jika Perkada tersebut tidak segera dibuat dan ditandangani bupati, maka hak-hak yang semestinya diperoleh anggota parlemen, seperti gaji dan tunjangan tidak bisa diberikan.

Diberitakan sebelumnya, 50 anggota DPRD Jember tidak bisa mencairkan gaji bulan Desember karena bupati belum membuat dan menandatangani Perkada tentang hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD. (Fathul)

Comments are closed.