Warga Keluhkan Ambulans Gratis karena Tidak Ada Kunci dan Pengemudinya

Jember Hari Ini – Lagi, keberadaan ambulans gratis tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat karena terkendala belum ada kunci dan pengemudinya. Kali ini terjadi di Kelurahan Kaliwates Kecamatan Kaliwates.

Salah seorang Ketua RT setempat, Ma’un, mengaku sudah tiga kali hendak membantu warga miskin dengan memanfaatkan ambulans yang diparkir di puskesmas pembantu. Namun akhirnya ambulans tidak bisa dimanfaatkan. Saat dia menanyakan kepada petugas yang ada di puskesmas pembantu maupun kelurahan, diperoleh informasi jika kunci ambulans masih ada di puskesmas induk karena belum ada petunjuk teknis operasionalnya. Bahkan, persoalan teknis penggunaan ambulans tersebut sempat memicu konflik antara petugas di puskesmas pembantu dengan masyarakat. Menurut Ma’un, seharusnya ketika ambulans diserahkan dan berada di kelurahan sudah siap dan bisa dimanfaatkan masyarakat, termasuk kunci dan pengemudinya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Jember, Siti Nurul Qomariah, saat dikonfirmasi menjelaskan jika ambulans di Kelurahan Kaliwates masih proses pengurusan dokumen nomor polisi. Ia membenarkan jika kunci ambulans berada di puskesmas induk Kaliwates karena memang belum waktunya bisa dioperasikan, menunggu proses pembuatan nomor polisi mobil itu selesai. (Fathul)

Comments are closed.