Puluhan Rumah Warga Desa Wonoasri Tempurejo Diterjang Banjir Lumpur

Sungai Mandilis yang meluap dan menggenangi rumah warga.

Jember Hari Ini – Hujan deras yang terjadi kawasan Jember Timur, yakni Kecamatan Silo, Mayang, dan Tempurejo menyebabkan puluhan rumah di Desa Wonoasri Tempurejo terendam banjir lumpur, Kamis (11/1/2018) malam. Puluhan rumah tersebut terendam banjir genangan setinggi 80 cm.

Menurut Kapolsek Tempurejo, AKP Suhartanto, hujan deras yang mengguyur Kecamatan Silo, Mayang dan Tempurejo sejak Kamis siang menyebabkan dam Sungai Mandilis Di Desa Sanenrejo meluap. Akibatnya, puluhan rumah warga Desa Wonoasri yang lokasinya berada di bawah dam Sungai Mandilis tergenang banjir. Untuk proses antisipasi, anggota polsek tempurejo, bersama TNI dan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah  bergerak cepat mengevakuasi  warga serta hewan ternak ke tempat yang lebih aman. Namun sebagian warga enggan dievakuasi karena khawatir harta bendanya di rumah.

Hal senada dituturkan Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Widi Prasetiyo. Widi Prasetyo menjelaskan, meski volume banjir cukup tinggi namun tidak ada korban jiwa atau terluka, hanya saja aktivitas warga Tempurejo sempat terganggu. Banjir genangan di Desa Wonoasri Tempurejo baru berangsur surut pada Jumat sekitar jam 2 dini hari. Warga yang sebelumnya dievakuasi, pulang ke rumah masing-masing. (Hafit)

Comments are closed.