Anggota Komisi B Minta Perusahaan Tembakau Tidak Rugikan Kelompok Petani

Jember Hari Ini – Anggota Komisi B DPRD Jember, Imam Suyuti, meminta semua perusahaan tembakau tidak merugikan kelompok tani tembakau yang bermitra dengan perusahaan tersebut.

Imam Suyuti menceritakan, dia sering menemukan di lapangan banyak kelompok petani yang bermitra dengan perusahaan, namun tidak memiliki kontrak kerja yang jelas terkait penentuan harga tembakau. Akhirnya seringkali kelompok petani merasa harga yang dibayarkan perusahaan jauh dibawah kebutuhan operasional. Bahkan, seringkali pembayaran tersebut terlambat hingga satu bulan. Imam Suyuti mencontohkan, permasalahan yang terjadi antara sejumlah kelompok petani tembakau dengan PT Tempurejo.

Menurut Imam, jika ada kontrak kerja yang jelas diawal, maka petani akan merasa tidak dirugikan. Sebab, uang yang diterimanya dari perusahaan sebanding dengan jumlah dan kualitas tembakau yang dikirimkan kepada perusahaan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah kelompok petani tembakau mengadukan PT Tempurejo ke DPRD Jember karena pembayaran yang dilakukan oleh pt tempurejo dianggap tidak sesuai dengan kontrak. (Fian)

Comments are closed.