IKIP PGRI Jember Targetkan Ubah Status Menjadi Universitas

Penandatanganan prasasti gedung Universitas Sains dan Teknologi IKIP PGRI Jember.

Jember Hari Ini – Tahun 2018 ini, IKIP PGRI Jember menargetkan mengubah status menjadi Univeritas Sains dan Teknologi. Rencana ini mendapatkan sambutan positif dari Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Totok Prasetyo, usai penandatanganan prasasti gedung Universitas Sains dan Teknologi di IKIP PGRI Jember, Sabtu siang.

Totok menjelaskan, kebijakan IKIP PGRI Jember tersebut seirama dengan himbauan kementerian terkait penggabungan sejumlah perguruan tinggi. Sebab, menurut Totok, penggabungan sejumlah perguruan tinggi diharapkan mendorong peningkatan kualitas lembaga sehingga menjadi daya tarik mahasiswa. Pengurusan penggabungan perguruan tinggi saat ini jauh lebih mudah dan cepat karena dilakukan secara online, selama syarat-syarat seperti luas lahan dan sumber daya dosen sudah memenuhi kriteria.

Sementara Rektor IKIP PGRI Jember, Fadil Djamali, mengaku persiapan terkait perubahan status menjadi Universitas Sains dan Teknologi sudah dilakukan. IKIP PGRI Jember nantinya akan bergabung dengan akademi akuntansi dan menambah jurusan baru yakni manajemen. Saat ini, kata Fadil, sejumlah kelengkapan administratif seperti kesiapan kurikulum, jumlah dosen dan luas lahan sudah memenuhi ketentuan. IKIP PGRI Jember akan mengajukan permohonan perubahan status dalam waktu dekat. (Fian)

Comments are closed.