Komisi XI DPR RI Dorong Mahasiswa Manfaatkan Program Kredit Murah untuk Wirausaha

Nur Purnamasidi

Jember Hari Ini – Komisi XI DPR RI mendorong mahasiswa agar memanfaatkan program kredit modal murah untuk berwirausaha. Salah satunya adalah program kredit Ultra Mikro (UMI) yang dikelola oleh pusat investasi pemerintah dengan tingkat suku bunga sebesar 8 persen.

Demikian ditegaskan anggota Komisi XI DPR RI Dapil Jember-Lumajang, Nur Purnamasidi, usai sarasehan investasi cerdas di Fakultas Ekonomi Bisnis IAIN Jember, Kamis siang. Politisi yang akrab disapa Bang Pur ini menegaskan, tahun ini Komisi XI sudah menganggarkan alokasi dana sekitar Rp 3,7 triliun untuk program kredit ultra mikro. Dengan pagu anggaran untuk satu kreditur minimal Rp 2-10 juta. Menurut Bang Pur, program kredit Ultra Mikro ini sangat bermanfaat bagi pemuda yang baru belajar wirausaha. Selain tingkat suku bunganya rendah, kredit Ultra Mikro ini tanpa disertai anggunan.

Hingga saat ini, kata Bang Pur, masyarakat yang memanfaatkan kredit Ultra Mikro ini relatif rendah. Berdasarkan data yang dimiliki Komisi XI DPR, pada tahun 2017 kemarin serapan kredit Ultra Mikro masih dikisaran 40 persen. Oleh sebab itu, dia mendorong mahasiswa yang ingin belajar wirausaha agar memanfaatkan kredit Ultra Mikro tersebut. (Fian)

Comments are closed.