Perbankan Wajib Siapkan Layanan Khusus Disabilitas

Jember Hari Ini – Belum semua kantor lembaga jasa keuangan dan perbankan di Jember menyediakan fasilitas layanan untuk penyandang disabilitas.

Demikian pernyataan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember, Mulyadi, menanggapi laporan warga disabilitas yang kesulitan mendapatkan layanan perbankkan. Melalui Suara Rakyat Prosalina FM, salah seorang penderita disabilitas asal Tempurejo, Hosen, mengaku ditolak olah petugas bank saat hendak membuka rekening baru. Menurut Mulyadi, sesuai ketentuan seluruh lembaga jasa keuangan dan perbankan wajib menyediakan fasilitas layanan khusus disabilitas tersebut. Hanya saja dalam kenyataannya, penerapan ketentuan baru bisa dijalankan beberapa bank saja dan sebagian besar bank dan lembaga jasa keuangan belum bisa menerapkan karena berbagai kendala. Selain terkendala Sumber Daya Manusia, dukungan infrastrukturnya juga belum siap karena membutuhkan biaya yang tidak murah.

Terkait laporan dan keluhan disabilitas, Mulyadi berharap yang bersangkutan melaporkan secara resmi kepada OJK untuk dilakukan kajian lebih lanjut. OJK akan mengkaji penyebab ditolaknya pengajuan rekening baru oleh penyandang disabilitas tersebut, apakah karena salah paham atau karena sebab lainnya. (Fathul)

Comments are closed.