Pidato Pejabat Mulai Ragu dan Takut Menyebut Ideologi Pancasila

Yudi Latif saat memberi materi merakit bangsa pengokoh NKRI di aula Kodim Jember.

Jember Hari Ini – Beberapa pejabat di daerah hingga kementerian mulai ragu dan ketakutan menyebut ideologi pancasila sebagai falsafah bangsa Indonesia.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudi Latif, usai memberikan materi merakit bangsa pengokoh NKRI, di aula Kodim Jember Senin siang. Menurutnya, akibat semakin merosotnya nilai-nilai pancasila sejak era reformasi banyak peraturan daerah maupun undang-undang yang dibatalkan oleh mahkamah konstitusi, karena bertentangan dengan pancasila. Fenomenanya pasca reformasi, kata Yudi seolah produk masa lalu  tidak pernah ada baiknya, dan harus dibuang jauh-jauh, karena merosotnya nilai-nilai pancasila tersebut.

Begitu juga pada Kementerian Pendidikan Nasional sekalipun juga tidak menunjukkan komitmen terhadap pancasila terkait kurikulum pendidikan pada pendidikan dasar menengah maupun perguruan tinggi. Materi khusus tentang pancasila tambahnya, tidak disebut secara eksplisit pada mata pelajaran maupun mata kuliah lantaran melemahnya ideologi pancasila tersebut. (Fathul)

Comments are closed.