Dua Desa Kantong TKI Terima Program Desmigratif dari Kementerian Tenaga Kerja RI

Jember Hari Ini – Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia memilih dua desa di Jember menjadi desa migran produktif (desmigratif) 2018.

Staf Khusus Kementerian Tenaga Kerja RI, Maria Magdalena, menegaskan, kedua desa itu adalah Desa Darungan Kecamatan Tanggul dan Desa Gelang Kecamatan Sumberbaru. Kedua desa itu selain banyak warga yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri juga mempunyai potensi ekonomi yang layak dikembangkan. Melalui desmigratif tersebut, kata Maria, pemerintah akan memberikan bantuan alat produksi, pelatihan membuat usaha produktif untuk mantan TKI dan keluarganya. Dia berharap dengan program itu peran serta kementerian yang lain maupun pemerintah daerah bisa mendorong peningkatan ekonomi komunitas mantan TKI.

Kepada wartawan, Maria juga mengugkapkan banyaknya mantan TKI dan keluarganya yang mengalami masalah ekonomi yang berbuntut terhadap rumah tangganya. Melalui program desmigratif, anak-anak mantan TKI juga mendapatkan fasilitas kegiatan agar masalah yang dialami orang tuanya tidak berdampak negatif terhadap mereka. (Fathul)

Comments are closed.