Tebing Kawasan Gunung Gumitir Longsor Akibat Hujan Deras

Jember Hari Ini – Hujan deras yang mengguyur kawasan Gunung Gumitir Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember dalam 2 hari terakhir, membuat tanah tebing Jalan yang menghubungkan Jember-Banyuwangi, Longsor. Tanah longsor setinggi 15 meter dengan panjang 8 meter menutupi seluruh badan jalan macet total. Akibatnya, terjadi antrean panjang kendaraan dari 2 arah sampai 10 kilometer, baik dari Jember menuju Banyuwangi maupun sebaliknya di kilometer 37.

Menurut Plt Kepala BPD Jember, Widi Prasetyo, Longsor terjadi akibat curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Gunung Gumitir sejak dua hari kemarin. Hujan deras sejak Jumat sore juga terjadi Jumat sore  sekitar 3. Akibatnya, tebing di sisi jalan tidak mampu menahan air hujan hingga terjadi longsor sepanjang 8 meter dan tinggi 15 meter. Hingga Jumat malam pihaknya sudah menerjunkan Tim Reaksi Cepat BPBD dibantu relawan untuk membuka jalan tersebut menggunakan alat berat. Dia berharap dengan alat berat tersebut, seluruh material bisa disingkirkan malam ini.

Hal senada disampaikan Kanit lantas Polsek Sempolan, Ipda Haryanto. Setelah bekerja keras sejak Jumat sore jalan tersebut sudah bisa dibuka, namun hanya untuk roda dua. Saat ini, pihaknya memberlakukan arus buka tutup karena material tanah yang menutup sebagian jalan belum bisa disingkirkan. Ia menjelaskan, menyusul kejadian longsor, terjadi kemacetan total dengan antrean panjang kendaraan roda 4 hingga 10 kilo meter. Ia menjelaskan, sudah berkoordinasi dengan Polres Banyuwangi untuk mengatur arus lalu lintas dari arah Banyuwangi. (Hafit)

 

Comments are closed.