Sistem Penilaian SBMPTN Tahun Ini Tidak Ada Pengurangan Skor Bila Jawaban Salah

Jember Hari Ini – Sesuai kebijakan panitia pusat seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri, proses penilaian seleksi nasional masuk perguruan tinggi, jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mengalami perubahan.

Wakil Rektor 1 Universitas Jember, Zulfikar P.Hd menjelaskan, proses penilaian SBMPTN 2018 tidak lagi menggunakan sistem skoring 4 untuk jawaban benar, skor 0 untuk tidak menjawab, dan skor -1 untuk jawaban yang salah. Melainkan, lanjut Zufikar, proses penilaian dilakukan melalui beberapa tahap, yakni akumulasi nilai jawaban benar dan salah dan soal yang dijawab oleh peserta SBMPTN. Selain itu, ada tingkatan dan karakteristik setiap soal pada sbmptn, soal termudah hingga soal tersulit. Pembagian tingkatan soal tersebut memiliki bobot nilai yang berbeda-beda.

Menurut Zulfikar, perubahan proses penilaian yang dilakukan panitia seleksi tersebut diharapkan proses SBMPTN lebih realistis memilih peserta yang layak masuk Universitas Jember. (Fian)

Comments are closed.