Kemenag akan Sanksi Petugas Pencatatan Nikah yang Terbukti Lakukan Pungutan Diluar Ketentuan

Jember Hari Ini – Kantor Kementerian Agama akan menjatuhkan sanksi kepada petugas pencatatan nikah yang terbukti melakukan pungutan diluar ketentuan.

Kepala Kantor Kementrian Agama Di Jember, Fachrur Rozi, menegaskan, sesuai ketentuan, biaya pencatatan nikah di KUA nol rupiah alias GRATIS. Sementara pencatatan nikah di luar KUA sebesar Rp 600 ribu dibayarkan di bank atau di kantor pos. Jika ada warga yang menemukan indikasi penyimpangan dan memiliki bukti yang menguatkan, bisa melapor ke kantor KUA terdekat atau langsung ke Kantor Kementerian Agama. Fachrur Rozi berharap warga yang akan melakukan pencatatan nikah mengurus kelengkapan sendiri sehingga tidak merasa terbebani biaya tambahan saat melakukan pencatatan nikah.

Hingga saat ini, Kantor Kementerian Agama belum pernah menerima laporan resmi terkait persoalan pencatatan nikah. Namun Fachrur Rozi mempersilakan warga melapor ke Kantor Kementerian Agama atau KUA jika menemukan dugaan penyimpangan dengan membawa bukti yang menguatkan. (Ida)

Comments are closed.