PT KAI DAOP 9 Jember Tertibkan 2 Bangunan Rumah Tanpa Izin di Patrang

Penertiban rumah tanpa izin yang berdiri di atas aset PT KAI.

Jember Hari Ini – PT KAI DAOP 9 Jember Jumat pagi menertibkan 2 bangunan rumah tanpa izin yang berdiri di atas aset lahan milik PT KAI di Jalan Anggrek Kelurahan Jember Lor Kecamatan Patrang. Kedua bangunan rumah itu milik Subagyono dan Siswantoro. Rumah Subagyono berbentuk ruko untuk usaha toko grosir sembako. Sedangkan rumah Siswantoro untuk rumah tinggal biasa.

Menurut Kepala Humas PT KAI DAOP 9 Jember, Luqman Hakim, penertiban dilakukan setelah PT KAI DAOP 9 Jember 3 kali melayangkan surat peringatan. PT KAI DAOP 9 juga memberikan uang pembongkaran bangunan kepada kedua pemilik rumah senilai Rp 32,5 juta. Pemilik bangunan juga sudah menandatangani surat kesepakatan bersama tanggal 28 November 2014 lalu terkait pengosongkan bangunan di atas aset milik PT KAI tersebut.

Sesuai rencana kata Luqman, setelah penertiban 2 bangunan rumah tersebut akan digunakan untuk pengembangan kawasan Stasiun Jember sebagai pintu masuk masyarakat yang menggunakan jasa transportasi kereta api. Pengosongan aset berlangsung cukup cepat hanya sekitar 2 jam, petugas dari PT KAI mengangkut paksa barang dagangan dari toko milik Subagyono dan Siswantoro. Pemilik bangunan sempat memprotes pengosongan aset tersebut, namun akhirnya merelakan barang-barang milik mereka diangkut menggunakan 2 truk dan diamankan digudang milik PT KAI. Selain melibatkan petugas PT KAI DAOP 9 Jember, proses penertiban juga melibatkan puluhan personil polisi dan TNI untuk proses antisipasi. (Fathul)

Comments are closed.