Bank Indonesia Minta Masyarakat Tenang Meski Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS Melemah

Jember Hari Ini – Bank Indonesia meminta masyarakat tenang meski nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika melemah. Sebab, lemahnya nilai rupiah bukan karena turunnya pertumbuhan ekonomi dalam negeri, melainkan karena faktor eksternal.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Hestu Wibowo, kepada sejumlah wartawan menjelaskan, lemahnya rupiah terhadap dolar Amerika tidak mencerminkan kondisi fundamental domestik karena pertumbuhan ekonomi Indonesia masih stabil di angka 5 persen. Menurut Hestu, laju inflasi juga terkendali dan investasi dalam negeri masih cukup besar. Hanya karena faktor pertumbuhan ekonomi Amerika berkembang pesat, sehingga nilai dolar amerika menguat. Oleh sebab itu, masyarakat diminta agar tidak terlalu khawatir terhadap melemahnya nilai rupiah karena tidak terlalu berpengaruh terhadap perekonomian dalam negeri.

Meski demikian tambah Hestu, Bank Indonesia terus mencermati dan mengikuti perkembangan krus nilai tukar rupiah. Bank Indonesia juga masih mempunyai ruang cukup besar untuk mengambil kebijakan dalam mengantisipasi melemahnya nilai tukar rupiah tersebut. (Fathul)

Comments are closed.