Polres Jember Musnahkan Ribuan Botol Miras, Puluhan Ribu Okerbaya, dan Narkoba

Jember Hari Ini – Polres Jember musnahkan ribuan botol miras berbagai jenis, serta puluhan ribu obat keras berbahaya (okerbaya) dan narkoba, usai gelar pasukan di Alun-Alun Kota Jember, Rabu pagi.  Pantauan Prosalina FM di Alun-Alun Kota Jember, pemusnahan barang bukti yang disaksikan Forpimda dan warga Jember.

Menurut Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, barang bukti yang dimusnahkan berupa 5.368 botol minuman keras berbagai jenis, 21 jurigen besar miras, 8,35  gram sabu-sabu, dan 10 ribu butir obat trex dan Dextro, hasil Operasi Tumpas Semeru 2018. Pemusnahan barang bukti hasil Operasi Cipta kondisi jelang ramadhan dan idul fitri ini merupakan bentuk komitmen Polres Jember agar Jember bebas miras dan narkoba. Pemusnahan barang bukti ini sengaja dilakukan di Alun-Alun Kota Jember agar masyarakat bisa melihat langsung pemusnahan sekaligus mengedukasi masyarakat terkait bahaya miras oplosan, narkoba dan okerbaya. Selama operasi, polisi juga menangkap sekitar 200 tersangka, 20 diantaranya ditahan, sedangkan sisanya hanya dikenai  tindak pidana ringan.

Sementara Ketua Forum Komunikasi  Antar Umat Beragama (FKUB) Jember, Abdul Muis, mengapresiasi upaya Polres Jember mengungkap jaringan peredaran miras. Namun Abdul Muis menyayangkan lemahnya dan peraturan dan perundang-undangan sehingga penjual miras hanya dikenai tipiring. Seharusnya, penjual dan pemabuk mendapatkan hukuman yang lebih berat untuk memberikan efek jera. (Hafit)

Comments are closed.