CJH yang Berangkat Haji Tahun Ini Mayoritas Petani, Nelayan dan Pekerja Sektor Swasta

Pelepasan CJH Jember 2018.

Jember Hari Ini – Calon Jamaah Haji (CJH) yang menunaikan ibadah tahun ini mayoritas adalah petani, nelayan danĀ  pekerja sektor swasta.

Menurut Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jember, Mohammad Fachrur Rozi, Calon Jamaah Haji Jember yang bekerja sebagai petani dan nelayan sebanyak 639 orang, sedangkan sektorĀ  swasta mencapai 333 orang, pedagang 297 orang, ibu rumah tangga 210 orang, pelajar dan mahasiswa 233 orang, PNS 47 orang, TNI dan polisi 21 orang, pensiunan 11 orang, serta pegawai BUMN dan BUMD sebanyak 22 orang.

Fachrur Rozi menjelaskan, petani menempati posisi pertama karena mereka memiliki ghiroh atau antusiasme yang tinggi untuk menunaikan ibadah haji. Sebagain petani dan nelayan itu dari golongan ekonomi menengah, namun mereka memiliki kesadaran yang tinggi untuk menunaikan ibadah haji.

Sebelumnya, sebanyak 1.981 Calon Jamaah Haji Kabupaten Jember, menjalani prosesi pelepasan. Mereka terbagi menjadi 7 kloter, yakni kloter 5, kloter 6, kloter 7, kloter 8, kloter 9, kloter 10 serta kloter 37. (Hafit)

Comments are closed.