Sekretaris Komisi A DPRD Jember Prihatin dengan Kualitas Layanan Adminduk

Jember Hari Ini – Sekretaris Komisi A DPRD Jember, Lukman Winarno mengaku prihatin dengan kualitas layanan adminstrasi kependudukan di Kabupaten Jember. Selain pelayanan membutuhkan waktu yang sangat lama, antrean warga di Kantor Dispendukcapil juga mengganggu para pengguna jalan.

Kepada sejumlah wartawan, Lukman menegaskan, Komisi A DPRD Jember berulangkali mengingatkan Dispendukcapil untuk memperbaiki kualitas pelayanan. Namun hingga detik ini, Dispendukcapil tak kunjung memperbaiki kualitas layanan, bahkan justru semakin banyak keluhan terkait layanan administrasi kependudukan. Sentralisasi layanan administrasi kependudukan ini sangat memberatkan masyarakat karena harus menempuh jarak yang sangat jauh hanya untuk mengurus dokumen kependudukan. Selain itu, parkir kendaraan warga yang mengantri layanan administrasi kependudukan juga mengganggu pengguna jalan yang melintas. Sebab, masyarakat memarkir kendaraan di badan jalan dan trotoar karena lahan parkir Dispendukcapil tidak bisa menampung jumlah kendaraan yang sangat banyak. Kondisi ini jelas telah merampas hak para pengguna jalan khususnya pejalan kaki.

Sebelumnya dalam Suara Rakyat Prosalina, warga Desa Curahkalong Bangsalsari, Pa’i berharap Bupati Jember, Faida, mengembalikan layanan administrasi kependudukan di kantor kecamatan sehingga warga tidak harus mengantre pengurusan dokumen kependudukan mulai pagi, bahkan sampai berkas dokumen kependudukannya hilang seperti yang dialami keluarganya, saat mengurusi akte kelahiran. (Fian)

Comments are closed.