Ribuan Guru TK Se-Jember Ikuti Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Jember Hari Ini – Untuk peningkatan kompetensi, ribuan guru TK se Kabupaten Jember mengikuti kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di gedung Serbaguna Kaliwates, Senin pagi. Bagian Umum UPT Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan TK dan Pendidikan Luar Biasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Djoko Ahmad Julifan, menegaskan, program pengembangan keprofesian berkelanjutan ini mengacu pada visi dan program kerja Kemendikbud.

Program pengembangan keprofesian berkelanjutan ini untuk meningkatkan kompetensi guru dan memenuhi syarat untuk kenaikan jabatan guru. Pelaksanaan program pengembangan keprofesian berkelanjutan ini terdiri dari pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Setelah pelaksanaan program ini, kompetensi guru TK semakin bagus dalam menjalankan proses pembelajaran di sekolah.

Sementara menurut Wakil Ketua Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Jawa Timur, Muhriyadi, total guru TK yang mengikuti program pengembangan keprofesian berkelanjutan mencapai 2 ribu orang lebih. Guru TK yang mengikuti kegiatan ini sudah melnjalani uji kompetensi guru tahun 2017 lalu. Namun Muhriyadi menegaskan, tidak ada kewajiban bagi guru TK untuk mengikuti kegiatan program pengembangan keprofesian berkelanjutan ini. Dari 3 ribu lebih guru TK yang sudah mengikuti uji kompetensi guru, yang hadir hanya 2.016 orang guru. (Fian)

Comments are closed.