Polisi Terpaksa Lumpuhkan 2 Residivis Perampok Jalanan Saat Berusaha Melarikan Diri

Jember Hari Ini – Dua orang residivis perampok jalanan dan pencurian terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan di bagian kaki karena berupaya melarikan diri. Keduanya berinisial SL (40) warga Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah, serta DH (31) warga Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang. Kedua tersangka mengaku beraksi di 11 lokasi di 7 kecamatan di Kabupaten Jember.

Menurut Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, terungkapnya kasus perampok jalanan tersebut menyusul laporan kasus perampokan di perumahan alam hijau di Kelurahan Sempusari Kecamatan Kaliwates. Polisi kemudian menindaklanjuti laporan warga dengan melakukan penyelidikan sehingga mengarah kepada kedua tersangka. Menurut Kusworo, sindikat perampok jalanan ini beraksi secara berkelompok, antara 7 hingga 8 orang dengan modus yang berubah-ubah. Mereka beraksi di jalanan sambil membawa senjata tajam dengan sasaran pengendara sepeda motor yang melaju sendirian. Sepeda motor korban ditendang hingga korban terjatuh, kemudian tersangka mengambil sepeda motor korban. Jika melawan, tersangka tidak segan-segan melukai korban.

Selain merampok di jalan, mereka juga mencuri di rumah dengan mencongkel pintu atau jendela, kemudian mengambil barang-barang berharga termasuk sepeda motor. Dari hasil pengembangan penyidikan, tersangka mengaku beraksi di 11 lokasi yang berbeda. Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti sebilah celurit, sebuah kunci T, 2 mata kunci T, 1 kunci stang, sebuah masker penutup muka serta 3 unit sepeda motor. Tersangka dijerat dengan pasal 365 KUHP subsider pasal 363 KUHP, tentang pencurian dengan kekerasan dan pencurian dengan pemberatan. (Hafit)

Comments are closed.