Kepala Dispendukcapil Jember Miliki KTP Ganda

Jember Hari Ini – Menyusul penetapan tersangka, tim penyidik menemukan Kepala Dispendukcapil Jember berinisial SW memiliki 2 E-KTP atau KTP ganda.

Menurut Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, dari kedua tersangka SW dan AK polisiĀ  menyita ratusan berkas adminduk berupa akta kelahiran, E-KTP dan Kartu Keluarga. Polisi juga menyita sejumlah buku tabungan dan kartu ATM, HP, uang tunai 200 Dollar Singapore, uang hasil pungli sebesar Rp 10 juta, dan selembar kuitansi pembayaran umrah sebesar Rp 30 juta. DariĀ  ratusan E-KTP yang diduga milik para pemohon, penyidik menyita E-KTP ganda atas nama Kepala Dispendukcapil SW. Polisi juga menemukan KTP milik seorang pejabat di Jember. Belum diketahui secara pasti terkait pemilikan 2 E-KTP tersebut. Penyidik juga akan menelusuri mengapa KTP pejabat berada diantara barang bukti tersebut.

Sebelumnya, Operasi Tangkap Tangan oleh Tim Saber Pungli menyusul keluhan masyarakat terkait pengurusan adminduk. Butuh waktu berbulan-bulan, bahkan ada yang lebih setahun namun dokumen kependudukan miliknya belum jadi. Namun jika mengurus melalui calo dengan membayar dengan nominal tertentu, maka adminduk langsung diproses. (Hafit)

Comments are closed.