Diduga Menipu Kades dan PNS Dinas Pekerjaan Umum, Warga Kaliwates Ditangkap Polisi

Jember Hari Ini – Diduga menipu sejumlah kepala desa dan PNS Dinas Pekerjaaan Umum, warga Jalan Gajah Mada Lingkungan Condro Kecamatan Kaliwates berinisial DW (49) ditangkap anggota Polsek Jenggawah.

Menurut Kapolsek Jenggawah, AKP Udik Budiarso, terungkapnya kasus dugaan penipuan ini berdasarkan laporan Kepala Desa Kemuningsari Kecamatan Jenggawah, Sujarwo. Modus yang dilakukan tersangka mendatangi kepala desa dan memaparkan program Jaring Aspirasi Masyarakat yang meliputi pembangunan drainase, pengaspalan jalan dan plengsengan. Tersangka menawarkan diri membantu pembuatan proposal permohonan program sehingga memberikan pertimbangan alokasi biaya yang dibutuhkan. Namun DW menyatakan biaya pembuatan proposal mencapai Rp 3,5 juta. Jika proposal sudah masuk untuk percepatan pencairan anggaran, maka DW meminta fee proyek senilai 5 persen dari total nilai program Jaring Aspirasi Masyarakat. Tersangka DW menjanjikan alokasi anggaran proyek tersebut cair bulan Juli tahun ini. Akhirnya terungkap program yang ditawarkan tersangka DW tersebut, hanyalah program fiktif, Kepala desa di Kecamatan Jenggawah yang merasa tertipu melaporkan kasus tersebut ke Polsek Jenggawah.

Hingga Senin siang, tersangka masih menjalani penyidikan di Mapolsek Jenggawah. Dari tangan tersangka polisi menyita barang bukti 24 proposal serta surat pernyataan tersangka. Dalam kasus ini korban menderita kerugian hingga Rp 365 juta. Tersangka dijerat dengan pasal  378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (Hafit)

Comments are closed.