Komisi XI DPR RI Gagas RUU Kewirausahaan untuk Mendorong Perkembangan UMKM

Jember Hari Ini – Komisi XI DPR RI mengajukan Rancangan Undang-Undang Kewirausahaan untuk mendorong perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal ini ditegaskan anggota Komisi XI DPR RI dapil Jember-Lumajang, Nur Purnamasidi, saat dialog publik “Peranan UMKM Sebagai Salah Satu Penggerak Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat” di Cafe Tebing Kecamatan Rambipuji.

Menurut Purnamasidi, semangat Rancangan Undang-Undang Kewirausahaan ini untuk mengumpulkan dana UMKM di 16 kementerian dan lembaga yang nilainya mencapai Rp 100 triliun. Pasalnya, dari anggaran sebesar itu, Kementerian UMKM ternyata hanya mengelola anggaran Rp 800 miliar saja. Sementara kementerian teknis lain yang tidak ada kaitannya dengan UMKM justru mengelola anggaran UMKM hingga Rp 2 triliun.

Dalam RUU tersebut diusulkan ada lembaga baru dibawah pemerintah, atau menjadikan Kementerian UMKM sebagai leader persoalan UMKM sehingga anggaran 100 milyar tersebut bisa diserap seluruhnya untuk pengembangan usaha kecil menengah.

Purnamasidi menambahkan, Rancangan Undang-Undang Kewirausahaan ini sebenarnya tinggal menunggu pengesahan. Namun sejauh ini, pemerintah dan parlemen belum menemukan kata sepakat. (Fian)

Comments are closed.