Pasca Aksi Penghadangan, Dinas ESDM Jatim Akhirnya Menunda Survei Lokasi Tambang Emas Blok Silo

Jember Hari Ini – Pasca aksi penghadangan yang dilakukan warga Silo, Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur akhirnya menunda survei lokasi tambang emas blok Silo. Staf Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, Darmanto menjelaskan, sesuai keputusan dari tim Dinas ESDM, rencananya ada 3 titik lokasi yang akan disurvei. Namun setelah melihat kondisi di lapangan banyak warga Silo yang menolak tambang emas, akhirnya tim Dinas ESDM mengurungkan niat melakukan survei.

Sementara menurut tokoh masyarakat Desa Pace Kecamatan Silo, Taufik Nurahmadi, warga sejak awal secara tegas menolak tambang emas di kawasan Silo. Bahkan warga Desa Pace sudah menyiapkan posko untuk memantau kondisi jalan sehingga jika ada orang yang dinilai mencurigakan dan menuju kawasan tambang akan langsung dihadang oleh warga.

Diberitakan sebelumnya, hingga saat ini pemerintah belum mencabutan keputusan menteri terkait kawasan tambang emas Silo. Bahkan informasi dari Sekda Pemerintah Provinsi Jawa Timur saat ini semua izin prinsip dari pemerintah pusat sudah terpenuhi dan siap menggelar lelang terbuka. (Fian)

Comments are closed.