Mantan Presiden Gus Dur adalah Sosok yang Harus Dicontoh Soal Kebangsaan, Toleransi dan Nilai Kemanusiaan

Jember Hari Ini – Mantan presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) adalah sosok yang patut dicontoh dalam memelihara semangat kebangsaan, toleransi, dan nilai-nilai kemanusiaan.

Demikian ditegaskan Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Jember, Ayub Junaidi, saat peringatan haul Gus Dur ke-9 sekaligus haul anggota Banser yang meninggal dalam serangan bom malam natal di kantor GP Ansor, Rabu siang.

Menurut Ayub, haul Gus Dur meski digelar sederhana dikantor GP Ansor Cabang Jember, diharapkan bisa mendorong semangat anggota Banser untuk mengikuti jejak Gus Dur. Kegiatan ini sekaligus menjadi momentum untuk mengenang jasa anggota Banser Mojokerto bernama Riyanto yang mengorbankan nyawa untuk merawat nilai-nilai kemanusiaan. Gus Dur dikenal sebagai sosok pejuang kemanusiaan, kebangsaan, demokrasi dan agama. Sedangkan riyanto menjalankan tugas misi kemanusiaan, yang di ajarkan Gus Dur. Ayub menegaskan, keduanya sama-sama menjadi contoh  dalam menjaga nilai-nilai toleransi dan kemanusiaan.

Ayub menambahkan, Riyanto menjadi korban ledakan bom saat bertugas membantu pengamanan perayaan natal tahun 2000 lalu di Gereja Eben Haezer Mojokerto. Riyanto bersama petugas pengamanan gereja dan polisi menemukan bungkusan mencurigakan di dalam gereja. Bungkusan yang ternyata bom tersebut meledak saat berusaha dibuang oleh Riyanto. (Hafit)

Comments are closed.