Meski Membuka Prodi Tambang, UNEJ Tidak Ada Niat Mendorong Aktivitas Tambang di Jember

Jember Hari Ini – Meski resmi membentuk program ┬ástudi pertambangan sejak tahun 2018 lalu, Rektor Universitas Jember, Mohammad Hasan, menegaskan, Universitas Jember tidak ada niatan mendorong penambangan di Jember.

Menurut Hasan, gagasan Universitas Jember membangun prodi pertambangan agar masyarakat benar-benar memahami soal tambang. Sebab selama ini tambang yang ada Indonesia selalu memberikan dampak negatif bagi masyarakat, khususnya warga yang tinggal sekitar wilayah penambangan. Menurut Hasan, hal itu terjadi karena banyak aktivitas penambangan di Indonesia yang tidak sesuai sturan, misalnya terkait AMDAL dan penanganan pasca penambangan. Mahasiswa program studi tambang Universitas Jember nantinya akan diberikan pemahaman dan skill bagaimana cara menambang yang sesuai aturan. Dengan magang di perusahaan tambang yang menjalankan aktivitas sesuai ketentuan.

Terkait rencana tambang emas blok Silo, tambah Hasan, pihaknya belum mengetahui apakah nantinya mahasiswanya akan magang di perusahaan tambang di Silo atau tidak. Apalagi belum diketahui apakah proses penambangan di Silo sesuai aturan atau tidak. (Fian)

Comments are closed.