Komisi D DPRD Jatim Minta Pemprov Ambilalih Normalisasi Tangkis Sungai di Kencong

Jember Hari Ini – Anggota Komisi D DPRD Jawa Timur, Hadinudin, meminta Pemerintah Provinsi Jawa Timur segera melayangkan surat kepada Pemkab Jember untuk mengambilalih penanganan amrolnya tanggul sungai di Kencong. Hal ini ditegaskan Hadinuddin usai sidak bersama Dinas PU Bina Marga ┬ádan Sumber Daya Air Pemprov Jawa Timur ke Kencong, Rabu pagi. Hadinuddin mengaku khawatir jika penanganan ambrolnya tanggul sungai tersebut dilakukan Pemkab Jember akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

Menurut Hadinuddin, sehari pasca ambrolnya tanggul sungai, Pemprov Jawa Timur sudah mengirimkan alat berat ke lokasi bencana. Namun karena debit air masih tinggi, pengerjaan tangkis sungai yang ambrol terpaksa ditunda. Ternyata 2 hari pasca bencana, Pemkab Jember juga mengirimkan alat berat dan melayangkan surat kepada Pemprov Jawa Timur, meminta penanganan tanggul jebol sepenuhnya dilakukan oleh BPBD Jember dengan menggunakan dana tanggap darurat. Akhirnya Pemprov Jawa Timur menyetujui dengan catatan penanganan tanggul jebol sungai Kencong harus sesuai dengan standar Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemprov Jatim, dan BPBD menyanggupi ketentuan tersebut.

Sayangnya saat sidak ke lokasi bencana Rabu pagi, Komisi D DPRD Jatim, Dinas PU Bina marga dan Sumber Daya Air Jawa Timur justru melihat ternyata BPBD Jember hanya membuat bronjong dengan ditutup bambu yang posisinya justru menjorok kedalam sehingga diprediksi justru menyebabkan aliran air terhambat. (Fian)

Comments are closed.