Setelah Macet 3 Jam Akibat Pohon Tumbang, Jalan Gunung Gumitir Akhirnya Bisa Dilewati

Setelah macet selama 3 jam, jalan Gunung Gumitir Desa Sidomulyo Lecamatan Silo arah Jember-Banyuwangi Sabtu malam akhirnya bisa dilewati. Sebelumnya, jalan tersebut macet sepanjang  4 kilometer akibat 3 pohon Tumbang di 2 titik pada  kilometer 32 dan  34 kawasan Gunung Gumitir.
Menurut Kapolsek Sempolan, AKP Heri Wahyono, pohon tumbang terjadi akibat hujan deras yang disertai angin kencang mulai jam 2 Sabtu siang hingga jam 4 sore. Akibatnya, 2 pohon tumbang dengan diameter 2 meter dan diameter 60 cm di kilometer 34. Satu pohon lagi dengan diameter 2 meter di kilometer 32 mengakibatkan kemacetan panjang dari 2 arah sepanjang 4 kilometer. Setelah mendapatkan informasi itu, pihaknya bersama BPBD Jember dan relawan langsung memotong dan melakukan pembersihan pohon. Mulai jam 7 malam sepeda motor sudah bisa lewat meski dengan cara buka-tutup. Baru jam 8 malam kendaraan kecil sudah bisa lewat. Namun untuk kendaraan besar belum bisa karena masih banyak material longsoran dan kayu yang belum disingkirkan.
Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Heru Widagdo, pihak BPBD langsung menerjunkan TRC BPBD Jember untuk mengevakuasi pohon tumbang. Hingga Sabtu malam evakuasi dan pembersihan kayu masih berlangsung. Meski demikian, tidak ada korban jiwa atau terluka dalam peristiwa tersebut. Hanya saja, terjadi kemacetan sepanjang 4 kilometer arah Jember dan Banyuwangi. Heri menghimbau pihak terkait segera memotong dahan untuk mengurangi beban pada pohon di sepanjang jalan Gumitir  karena sangat membahayakan pengguna jalan. (Hafit)

Comments are closed.