Bawaslu Jember Amankan 2.400 Amplop Berisi Tabloid Indonesia Barokah yang Diduga Bermuatan Provokatif

Jember Hari Ini – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember mengamankan sedikitnya 2.400 amplop berisi tabloid Indonesia Barokah yang dikirimkan melalui jasa paket pos. Bawaslu Jember juga berkoordinasi dengan kepolisian agar tabloid yang isinya diduga provokatif tersebut tidak sampai tersebar di masyarakat.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Jember, Andika Firmansyah, menjelaskan, setelah mendapat informasi awal dari Panwascam, Bawaslu langsung memerintahkan seluruh jajaran melakukan pemantauan. Sebab berdasarkan keterangan pihak Kantor Pos Besar Jember, dari total 2.400 paket, ada beberapa paket yang sudah terdistribusikan ke kantor pos cabang. Andika mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan upaya pencegahan agar tabloid tersebut tidak sampai menyebar di masyarakat setidaknya hingga surat edaran resmi dari Bawaslu RI turun.

Diberitakan sejumlah media nasional, beberapa minggu terakhir beredar tabloid Indonesia Barokah yang diduga menyudutkan salah satu pasangan calon presiden di masjid-masjid dan sejumlah pondok pesantren. Agar tidak memicu keresahan di tengah masyarakat, Bawaslu langsung berkoordinasi dengan kepolisian dan dewan pers untuk mengkaji apakah tabloid tersebut merupakan produk jurnalistik atau bukan. (Fian)

Comments are closed.