UNEJ Kewalahan Layani Konsultasi Siswa dan Guru, Terkait Pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN Dalam Pameran Pendidikan di Banyuwangi

Jember Hari Ini – Layanan konsultasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Jember, dalam ajang pameran pendidikan di Banyuwangi, Kamis pagi, diserbu pengunjung. Siswa setingkat SMA didampingi guru memadati Gedung Organisasi Wanita Banyuwangi untuk mendapatkan informasi cara mendaftar Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur.

Menurut Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, Agung Purwanto, Universitas Jember merupakan salah satu peserta edufair yang berpartisipasi dalam ajang pameran pendidikan. Universitas Jember berinisiatif membuka layanan konsultasi SNMPTN dan SBMPTN bagi siswa dan guru karena ada perubahan pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN. Untuk pelaksanaan SBMPTN tahun ini, siswa harus mendaftar dan mengikuti ujian yang dituju untuk mendapatkan skor. Hasil skoring ini digunakan untuk mendaftar di perguruan tinggi atau memilih perguruan tinggi yang diinginkan.

Agung mengaku cukup kewalahan memberikan layanan konsultasi kepada siswa dan guru, walaupun dibantu dua staf bagian humas dan protokol. Pertanyaan yang banyak diajukan oleh siswa antara lain terkait data peminat pada program studi tertentu, sistem penilaian dalam SNMPTN, hingga portofolio apa yang bisa mendukung kelulusan SNMPTN.

Kegiatan edufair Banyuwangi tahun ini dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Wilayah Banyuwangi, Yaseni. Yaseni menegaskan, kegiatan edufair Banyuwangi ini bisa memberikan informasi terkini terkait PTN dan PTS sehingga memotivasi siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. (Hafit)

Comments are closed.