Kejaksaan Gelar Kegiatan ”Jaksa Masuk Sekolah” di SMPN 7 Jember

Jember Hari Ini – Kejaksaan Negeri Jember akan terus menggelar kegiatan edukasi untuk kalangan pelajar supaya selamat dari penyalahgunaan narkoba dan pelanggaran hukum.  Demikian ditegaskan Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Jember, Herdian Rahardi, di hadapan puluhan guru dan siswa SMP Negeri 7 Jember, Senin pagi.

Herdian menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan “Jaksa Masuk Sekolah”. Salah satu tujuan kegiatan ini untuk memberi pemahaman tentang hukum, bahaya narkoba, dan upaya  menghindarinya untuk mewujudkan generasi sadar hukum. Alumni SMP negeri 7 tahun 1993 ini juga mengingatkan agar siswa lebih berhati-hati menggunakan handphone, berkomentar, dan membuat status di media sosial. Jangan sampai mereka terjerat pidana akibat ulahnya sendiri karena membuat dan menyebarkan berita hoax. Sebab, pelaku pembuat dan orang yang menyebarkan informasi hoax terancam dijerat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Nomor 11 Tahun 2008. Kegiatan “Jaksa Masuk Sekolah” kali pertama digelar diawal tahun 2019.

Sementara Kepala SMP Negeri 7 Jember, Saiful Bahri, sangat mengapresiasi kegiatan “Jaksa Masuk Sekolah” tersebut. Selama ini, siswa hanya mendengarkan istilah jaksa dan belum pernah bertemu dan mengenal tugas jaksa seperti apa. Sosialisasi penerangan hukum yang dilakukan langsung oleh lembaga penegak hukum ini bisa mendorong kesadaran siswa agar taat hukum. Saiful mengaku bangga karena Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Jember ini alumni SMP Negeri 7 Jember. (Hafit)

Comments are closed.