Normalisasi Jaringan Listrik Akibat Pohon Tumbang Lebih Cepat karena Peran Masyarakat, BPBD dan Polisi

Jember Hari Ini – Meski pohon tumbang menimpa jaringan listrikĀ  cukup banyak, namun perbaikan jaringan listrik relatif lebih cepat karena peran aktif masyarakat, polisi dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Hal ini ditegaskan Manager PLN Rayon Jember Kota, Suradi, dalam Suara Rakyat Prosalina, Selasa pagi.

Menurut Suradi, angin kencang dan hujan deras Senin (11/3/2019) siang menyebabkan pohon di Jalan KH. Sidiq, Sukorambi, di Perum Argopuro, dan Jalan Yos Sudarso tumbang dan patah menimpa jaringan listrik. Selain itu, ada spanduk di depan showroom mobil di jalan gajahmada juga terlepas, dan tersangkut di kabel jaringan listrik. Akibat pohon tumbang dan banner yang tersangkut jaringan listrik tersebut, aliran listrik di sejumlah ruas jalan di wilayah kota Jember padam. Namun proses normaliasi jaringan relatif lebih cepat dengan peran serta masyarakat, tim BPBD, dan dibantu pengamanan aparat kepolisian. Secara bertahap jaringan listrik di wilayah kota, menyala. Proses normaliasi jaringan selesai Senin malam sekitar jam 11.15 WIB.

Suradi berharap masyarakat yang memiliki pohon yang berdekatan dengan jaringan listrik, merelakan pohon tersebut dirempes atau dipotong sehingga tidak menganggu jaringan listrik. Apalagi beberapa minggu terakhir Kabupaten Jember seringkali diterpa bencana angin kencang dan hujan deras sehingga menyebabkan pohon tumbang. (Ida)

Comments are closed.