520 Rumah dan Puluhan Hektar Lahan Pertanian di Wuluhan Terendam Air dan Lumpur

Banjir di wilayah Wuluhan.

Jember Hari Ini – Selain Kecamatan Tempurejo, banjir juga menerjang Desa Dukuhdempok dan Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan. Akibatnya 520 rumah dan puluhan hektar lahan pertanian terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Rasyid Zakaria, dalam Suara Rakyat Prosalina menuturkan, BPBD Jember telah mengirimkan bahan makanan untuk tanggap darurat awal, Senin malam. Namun informasi dari Kepala Desa Dukuhdempok, bantuan bahan makanan tersebut kurang karena rumah yang terdampak banjir sangat banyak. Tim BPBD Jember juga turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan dampak banjir di Wuluhan.

Hal senada dituturkan kapolsek Wuluhan, AKP M Zainuri.  Menurut Zainuri, banjir terjadi akibat hujan deras selama 4 jam berturut-turut, Senin (18/3/2019) mulai jam 4 sore hingga jam 8 malam. Akibatnya, debit air sungai bedadung di Dusun Sumberejo Desa Gelundengan terus meningkat. Bahkan air sungai meluber hingga jalan raya Desa Glundengan hingga 1 meter. Selain menggenangi rumah warga, banjir juga menyebabkan 6 musholla di Dusun Sumberrejo tergenang banjir. Meski tidak ada korban jiwa atau terluka dalam peristiwa banjir, namun banjir menyebabkan lubang di jalan Desa Glundengan semakin parah,,

Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) sudah turun ke lokasi bencana melakukan assessment serta menurunkan perahu untuk proses evakuasi warga. (Hafit)

Comments are closed.